Monday, March 12, 2007

LINUX BASIC, Apakah yang dimaksud Shell dalam Linux?

Apakah yang dimaksud Shell dalam Linux?

Untuk menggunakan Linux, atau setiap mesin dengan sistem operasi turunan Unix/Linux-like, anda harus paham beberapa hal mengenai shell. Shell adalah suatu program yang berfungsi sebagai perantara antara anda (user) dengan sistem operasi itu sendiri. Dalam lingkungan DOS, command.com bertindak sebagai shell untuk anda. Shell dalam linux punya beberapa nama (bash, pdksh, dan tcsh), tetapi semuanya melakukan hal yang kurang lebih sama. Selain menterjemahkan command/perintah anda menjadi sesuatu yang dapat dimengerti dan kemudian dijalankan oleh kernel sistem operasi, shell juga menambahkan fungsi-fungsi penting lainnya yang belum disediakan oleh sistem operasi.

Menggunakan satu shell dalam linux berarti bekerja dalam command line, mirip seperti bekerja dalam lingkungan DOS. Saat ini hampir semua sistem linux datang dengan GUI, namun tetap masih ada beberapa task dalam linux yang harus diselesaikan melalui command line. Apa yang disajikan dalam bagian ini akan memberikan suatu dasar bagi anda untuk dapat menggunakan linux dengan baik dan efisien. Berikut ini deskripsi beberapa fitur dasar dari semua shell linux, preview dari fungsi yang dijalankan fungsi tersebut, dan rundown singkat dari apa yang anda akan pelajari dalam bagian ini.

Prompts. Suatu prompt adalah satu karakter atau untai karakter (biasanya berupa $ atau #) yang ditampilkan oleh shell ketika sudah siap menerima perintah. Anda akan belajar beberapa tipe prompt yang berbeda dan bagaimana meng-kustomisasi-nya agar sesuai dengan kebutuhan dan cara anda bekerja dalam linux.

Command resolution. Ketika anda memasukkan satu command, shell harus menentukan program mana yang dijalankan berdasar command tersebut. Anda akan belajar bagaimana shell melakukan ini dan bagaimana command resolution memprosesnya agar sesuai keperluan anda.

Job control. Linux membolehkan anda melakukan multitasking (mejalankan beberapa task sekaligus pada satu saat). Anda akan belajar bagaimana memulai, me-list, dan menghentikan task. Anda juga akan belajar perbedaan eksekusi task di background dan foreground.

Command history and completion. Ketika anda bekerja dan sudah memasukkan banyak command, kadangkala anda ingin mengulang beberapa command sebelumnya atau mengetikkan command yang mirip. Anda akan belajar bagaimana memanggil dan memodifikasi command yang sudah dimasukkan sebelumnya, juga menggunakan shortcut keyboard yang secara otomatis dapat melengkapi command yang akan anda ketik.

Wildcard and aliases. Wildcard memungkinkan ada memproses banyak file dalam satu saat, dibandingkan jika harus memprosesnya satu-persatu. Anda akan belajar menggunakan dua tipe wildcard dan bagaimana membuat alias untuk command-command yang sering digunakan.

Piping dan I/O redirection. Mengirim output dari satu program langsung ke program yang lain atau ke sebuah file dapat menghemat waktu dan keystrokes. Anda akan belajar bagaimana mem-pipe output-output program (menghubungkan beberapa program bersama) dan bagaimana membuat satu program dapat menerima input dari file daripada dari keyboard.

Bagian ini akan membahas masing-masing fungsi secara detail dan mengajarkannya untuk keperluan anda, tapi sebelumnya terdapat beberapa pendahuluan mengenai shell.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai shell bash, kunjungi bash manual.

Next lesson: User Root dan user lain.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home