Monday, March 19, 2007

LINUX BASIC, Apakah yang dimaksud dengan virtual console?

Kegunaan virtual console.

Ingatkah anda tentang multiple log-in?, meskipun anda hanya memiliki satu console fisik (terdiri monitor dan keyboard) yang tersambung ke PC, anda dapat menggunakan virtual console untuk log-in ke lebih dari satu account secara simultan (bersamaan).

Anda dapat menggunakan virtual console untuk mengerjakan task secara paralel. Misalnya, kita dapat menggunakan satu console untuk menjalankan editor teks dan menggunakan console lainnya untuk menjalankan command test. Anda bahkan dapat menggunakan mouse untuk melakukan proses cut dan paste dari satu virtual console ke virtual console lainnya. Ketika anda mulai menjalankan sistem Linux dan sampai pada prompt log-in, yang anda lihat tersebut adalah console nomor 1. anda dapat log in sebagai root disini; kemudian tekan alt-F2. Anda akan melihat prompt log-in yang lain. Anda dapat log in sebagai user hermie pada console ini dan kemudian tekan tombol alt-F3 untuk mengakses console ketiga dan kemudian menekan alt-F1 untuk kembali ke console pertama.

Virtual console sangat berguan juga anda memiliki task yang butuh waktu lama untuk memprosesnya, seperti menginstall paket software berukuran besar dari CD-ROM, anda dapat berpindah ke console yang lain dan log in lagi dan mengerjakan task yang lain sementara saat itu CD-ROM anda sedang bekerja.

Catatan: anda tidak perlu menggunakan user account berbeda untuk tiap console. Linux membolehkan anda log in menggunakan satu account bersamaan dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang sama/simultan.


Secara default, sistem Linux sudah memiliki sejumlah virtual console yang siap digunakan ketika anda mulai menjalankan sistem Linux anda, dengan menekan tombol alt-Fn setiap saat akan menampilkan virtual console ke-n ke layar monitor anda. Anda juga dapat berganti virtual console dengan menggunakan tombol alt-panah kiri atau alt-panah kanan.

Proses multitasking di dalam Linux tidaklah berbeda jauh seperti memiliki beberapa windows yang aktif dalam sistem operasi Windows atau Macintosh. Perbedaannya hanyalah bila anda memiliki beberapa virtual console yang aktif, yang dapat dilihat di layar monitor hanya satu virtual console pada satu waktu, sementara yang lainnya tetap aktif dan menjalankan task di belakang layar.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home