Tuesday, March 20, 2007

LINUX BASIC, Perlukah Logoff dan mematikan PC Linux?

Menghentikan Sistem!

Jika anda sudah selesai bekerja dengan sistem Linux, gunakan command logout pada prompt:

Logout


Pada command prompt untuk keluar dari account anda dan kembali ke prompt log-in. (command exit
memiliki fungsi yang sama dengan logout). Untuk log out dari banyak console, gunakan tombol alt-Fn untuk berpindah ke console yang berbeda dan log out dari tiap-tiap console. Perlu diingat, meski anda log out dari semua console yang aktif, Linux masih tetap berjalan.

Jika anda ingin mematikan PC pada saat ini sangat tidak disarankan. Mematikan PC yang menjalankan sistem Linux tanpa menggunakan command
shutdown akan memberi efek yang buruk pada hard disk komputer. Jika ingin mematikan PC, pastikan anda log in sebagai root dan jalankan command:

shutdown -h now


anda akan melihat pesan yang ditampilkan yang mengindikasikan berbagai subsistem sedang dimatikan, dan kemudian komputer akan reset. Jika anda sudah melihat pesan yang menyatakan bahwa proses shutdown sudah selesai, anda dapat menekan tombol power yang menghubungkan PC dan sumber listrik untuk mematikan PC.


Tips: menekan tombol ctrl-alt-delete juga akan mematikan sistem Red Hat Linux dengan aman. Ingatlah untuk menekam tombol power untuk mematikan PC begitu anda melihat layar bootup pada PC anda. Pasangan tombol ini pada sistem Linux yang lain akan melakukan hard reset (yang dapat menyebabkan kerusakan pada filesystem).

Sangat tidak disarankan untuk menggunakan kombinasi ctrl-alt-delete pada sistem selain Red Hat Linux kecuali anda mengetahui bahwa proses tersebut aman.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home