Wednesday, March 21, 2007

LINUX BASIC, Dapatkah memanggil command yang sebelumnya sudah dijalankan?

Command History dan editing

Bash mengingat command-command apa saja yang terakhir anda jalankan, sehingga anda dapat memanggilnya dan menjalankannya lagi dengan mudah. Jika anda menekan tombol panah atas, Bash menampilkan di prompt command yang baru saja anda masukkan. Jika anda menekan tombol panah atas atau bawah berulang kali akan dipanggil dan ditampilkan satu demi satu sejumlah command yang dieksekusi yang anda masukkan, dan anda juga dapat mengubah text dari command yang sedang ditampilkan dengan tombol panah kira dan kanan, anda juga dapat menggunakan tombol insert dan delete, sebelum menekan tombol enter untuk mengekseskusi command yang sedang ditampilkan tersebut.

Command Completion: Linux dapat membaca pikiran anda

Jika anda seorang yang malas mengetik command, anda akan menyukai fitur ini. Misal anda memiliki satu direktori/folder yang berisi file-file berikut:

cars-are-fun
cats-are-bad
dogs-are-good
birds-have-lips

ketik rm cat dan kemudian tekan tombol tab akan melengkapi command yang anda ketik menjadi :

rm cats-are-bad

tombol tab akan mencocokkan nama file yang ada dalam direktori saat ini dengan nama file berawalan cat. Shell akan mencari apa yang sudah anda ketik dan kemudian mengecek apakah ada file yang berawalan seperti dalam command (cat). Jika memang ada, shell akan melengkapi nama file tersebut. Jika tidak ada nama file yang dimaksud, shell tidak melakukan apapun. Jika terdapat beberapa file berawalan yang sama, akan dibunyikan suara beep, kemudian anda dapat menekan tombol tab dua kali untuk menampilkan semua file yang berawalan sama, atau dapat melanjutkan mengetik sendiri nama file yang dimaksud.

Anda tetap harus menekan enter untuk mengekseskusi command, tapi jika anda mengingat fitur ini anda dapat menghemat beberapa ketukan keyboard dan dapat berpura-pura Linux benar dapat membaca pikiran anda ;)

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home