Wednesday, March 21, 2007

LINUX BASIC, Apakah fungsi dari alias file dalam Linux?

Alias: membuat sinonim untuk command.

Membuat alias adalah cara lain untuk meminimalkan pekerjaan anda pada keyboard, dan anda juga dapat menghilangkan keharusan untuk mengingat command yang aneh dan panjang dengan membuat sinonim dengan kata-kata yang lebih berarti. Berikut beberapa contoh:

alias dir='ls -l'
alias dogs='find . -name "*dog*" -print'

pada contoh ini, alias yang pertama memberitahu bash bahwa jika anda mengetikkan dir pada command line, bash harus menjalankan command ls –l. Jika anda pengguna DOS kelas hardcore ;), anda dapat membuat banyak sinonim seperti di lingkungan DOS untuk banyak command dalam Linux.

Alias yang kedua berarti jika anda mengetik dogs memerintah bash untuk memanggil command find untuk mencari semua file yang memiliki karakter dog.

Saat ini anda tidak perlu khawatir mengenai command ls dan find. Yang perlu diingat hanyalah dengan command alias anda dapat menghemat beberapa ketikan pada keyboard dan lebih mudah mengingat command.

Tidak diragukan lagi anda dapat mencari lagi beberapa hal bermanfaat dengan menggunakan command alias dan menambahkannya ke file .profile sehingga alias-alias tersebut akan tersedia tiap kali anda log in. file .profile anda dapat menyimpan banyak command dan bash akan menjalankan secara otomatis ketika anda log in, sama seperti fungsi file autoexec.bat dalam lingkungan DOS.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai command alias, lihat bagian alias manual.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home